Selasa, 06 Desember 2011

Cara Alami Mengatasi Nyeri Punggung

Cara Alami Mengatasi Nyeri Punggung > Mungkin anda pernah mengalami rasa nyeri pada bagian punggung baik itu karena benturan benda keras atau karena ada masalah lainnya. Dari berbagai penyebab sakit punggung di antaranya adalah postur tubuh yang buruk, kurang olahraga, terlalu banyak stres, dan ketegangan otot. Berikut beberapa solusi alami untuk membantu Anda mengatasi masalah ini:

Jika kelebihan berat badan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menurunkan berat badan. Dengan begitu, Anda tidak akan harus menanggung tekanan ekstra.
Pijat punggung dengan minyak bawang putih dan minyak kayu putih untuk meringankan rasa sakit dan peradangan.
Minum segelas air hangat dicampur dengan satu sendok makan madu untuk menenangkan rasa nyeri.
Kekurangan vitamin C membuat orang rentan terhadap sakit punggung. Oleh karena itu, tingkatkan asupan vitamin C dalam makanan Anda.
Letakkan handuk yang telah diperas setelah direndam dalam air panas yang diberi garam di bagian belakang tubuh. Cara ini akan mambantu meredakan rasa nyeri.
Jangan duduk di posisi yang sama selama beberapa jam. Duduklah tegak dan jangan membungkuk. Postur tubuh yang buruk hanya akan memperparah sakit punggung.

Enam Langkah Alami Redakan Sakit Punggung

Terapi fisik
Jenis terapi fisik yang tepat seringkali bisa menghentikan sakit punggung kronis. "Saat mengunjungi terapis fisik, mereka bisa melakukan beberapa hal," terang Sam Moon, MD, MPH, dari Duke Integrative Medicine."Mereka bisa menggunakan mesin atau traction, meminta Anda menjalani latihan peregangan, atau menggunakan teknik tangan."

Menurut Moon, tipe terapi fisik yang paling membantu untuk sakit punggung kronis adalah teknik tangan dalam menggerakkan jaringan lunak di punggung. Selain itu, teknik berikutnya yang juga efektif adalah latihan postur dan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah.

Chiropractic/manipulasi tulang belakang
Para pakar chiropractic, meredakan sakit dengan menggunakan tangan atau perangkat lainnya untuk memanipulasi persendian tubuh. Studi-studi menunjukkan bahwa chiropractic efektif meradakan sakit punggung akut dan kronis.

"Chiroprarctic secara umum sama efektifnya dengan terapi fisik dan edukasi pasien dalam meredakan sakit punggung," terang Moon."Dan sama seperti terapis fisik, chiropractor juga bisa menjadi pendidik yang baik di bidang kesehatan punggung."

Sama seperti terapi fisik, dalam perawatan ini, Anda juga diajarkan teknik-teknik untuk menguatkan punggung yang bisa dilakukan di rumah.

Akupunktur
Sistem pengobatan tradisional China ini diyakini bekerja menyeimbangkan aliran energi dalam tubuh. Menurut Moon, teknik ini aman dan cocok dianjurkan kepada pasien penderita sakit punggung."Ada bukti yang menunjukkan bahwa teknik ini efektif," terang Moon, seperti dikutip situs webmd.com.

Terapi pijat
Beberapa tipe pijat bisa membantu meredakan sakit punggung."Menurut saya, ada cukup bukti yang menganjurkan penggunaan pijat dalam mengatasi sakit punggung bawah," terang Moon. Terapi pijat, menurut Moon, sebaiknya dipadukan dengan pengobatan lainnya.

Mind-body therapy
Teknik-teknik yang bisa Anda coba adalah pencitraan terarah (guided imagery), hipnosis, biofeedback, terapi relaksasi dan terapi bicara.

Menurut Moon, sulit menentukan tipe terapi yang paling efektif. Tapi secara umum, terang dia, penelitian sudah menunjukkan bahwa tipe-tipe terapi ini efektif mengatasi sakit punggung."Untuk sakit punggung berkepanjangan, saya hampir selalu menganjurkan beberapa tipe mind-body therapy," tutur Moon.

Gerakan secara sadar (mindful movement)
Terapi ini termasuk yoga dan tai chi, yang bisa Anda temukan di banyak gym. Posisi dan tipe gerakan yang digunakan dinyatakan bisa membantu meredakan sakit punggung Anda.

Adapun cara alami mengatasi nyeri punggung atau sakit pinggang yaitu dengan mengkonsumsi XAMthone plus jus kulit manggis. Untuk cara pemesanannya silahkan klik cara pemesanan xamthone.

Artikel Terkait :

3 komentar: